Pengertian Reformasi dan Faktor Terjadinya Reformasi


Pengertian Reformasi – Perkembangan Reformasi pada suatu bangsa sebenarnya tergantung pada cara berfikir dari bangsa itu sendiri. Sejak zaman kurnangnya informasi sampai sekarang sudah menjadi sebuah bangsa yang sangat informatif. Untuk itu Pelajari.tk akan membahas apa pengertian reformasi dan apa tujuan reformasi itu sendiri. Simak penjelasan singkat di bawah ini.

PENGERTIAN REFORMASI
Reformasi adalah suatu perubahan kehidupan suatu masyarakat lama menuju tatanan kehidupan baru yang secara hukum mengarah pada peningkatan perbaikan, terutama dalam perbaikan di bidang politik, sosial, ekonomi, dan pendidikan.

TUJUAN REFORMASI
Gerakan reformasi secara umum memiliki tujuan untuk dapat melakukan pembaharuan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bidang hukum, politik, sosial dan ekonomi supaya seimbang dengan nilai – nilai Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.
Apabila kita diartikan secara lebih spesifik atau mendalam tujuan reformasi dapat dikaitkan dengan beberapa bidang yang berbeda dan juga mempunyai tujuan yang berbeda.

Berikut adalah tujuan reformasi secara spesifik :

1# Yang Pertama adalah Reformasi hukum
Reformasi hukum lebih cenderung bertujuan demi tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

2# Yang kedua adalah Reformasi Politik
Reformasi politik memiliki tujuan yaitu untuk tercapainya suatu demokrasi .

3# Selanjunya adalah Reformasi Sosial
Reformasi sosial mempunyai tujuan untuk terwujudnya integrase bangsa Indonesia.

4# Dan Yang Terakhir adalah Reformasi Ekonomi
Reformasi ekonomi bertujuan untuk meningkatkan tercapainya keadilan dalam bermasyarakat.

FAKTOR PENDORONG TERJADINYA REFORMASI

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gerakan reformasi yakni :

a# Bidang Politik
Bidang politik merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya reformasi, yaitu dengan adanya KKN (Korupsi, Kolusi, nepotisme) dalam kehidupan pemerintah.

b# Bidang sosial
Faktor pendorong selanjutnya adalah dalam bidang sosial yaitu adanya tanggal 13 dan 14 mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian rakyat.

c# Bidang ekonomi
Kemudian bidang ekonomi yakni sulitnya mendapatkan barang – barang kebutuhan pokok.

d# Bidang hukum
Sedangkan dalam bidang hukum yang mendorong munculnya reformasi diIndonesia adalah keadilan dalam perlakuan hukum yang sama diantara warga negara.


Demikian artikel Pengertian Reformasi dan Tujuan Reformasi. Kita semabagai yang baik dan beradab tentunya menginginkan kemajuan bangsanya. Maka dari itu mari kita menjadi bangsa yang cerdas dan selalu berfikir kedepan untuk mewujudkan impian kita menjadikan bangsa indonesia yang maju dan disegani oleh bangsa lain.

Berkomentarlah dengan bijak, bagi yang memberikan link aktif akan langsung hapus. Terima Kasih
EmoticonEmoticon