PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

Pengertian Sejarah – Halo sahabat Munah Blog bagaimana kabar kalian? semoga kalian dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini Pelajari.tk akan hadir kembali dan akan membahas mengenai Sejarah.
Apa itu Sejarah?
Terkadang orang hanya bisa menyebut kata sejarah tanpa tahu arti dan makna sejarah itu sendiri. Maka dari itu mari simak pengertian sejarah di bawah ini.

PENGERTIAN SEJARAH SECARA UMUM

Pengertian sejarah merupakan peristiwa yang terjadi di masa lalu yang diurutkan berdasarkan peninggalan-peninggalan dimasa itu yang disebut dengan sumber sejarah.
Sejara juga bisa diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang memperdalam semua aktifitas atau kejadian kehidupan manusia yang telah terjadi dimasa lalu.
Sejarah merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Yunani “Historia” yang maknanya pembelajaran atau pengetahuan yang didapat dari penelitian yang mendalam.
Sedangkan dari Bahasa Arab yaitu kata “syajarotun” yang maknanya pohon yang bercabang dengan memiliki banyak ranting, sehingga dapat dimaknai sejarah berkembang dari satu aktifitas ke aktifitas lain yang saling berhubungan.

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

Berikut ini adalah pengertian sejarah berdasarkan pendapat para ahli:
1# Bernheim
Sejarah menurut pandangan Bernheim adalah suatu ilmu yang mencari serta menempatkan kejadian – kejadian tertentu dalam jangka waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik secara individu ataupun kelompok, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir maupun batin.
2# Costa
Menurut Costa, Sejarah dapat diartikan sebagai “record of the whole human experinence”. yang pada dasarnya sejarah merupakan catatan segala pengalaman, baik secara individu maupun kelompok bangsa dimasa lalu tentang kehidupan umat manusia.
3# Drs. Sidi Gazalba
Sejarah dimaknai sebagai masa lalu manusia yang dirancang secara ilmiah dan lengkap berdasarkan susunan fakta masa ke sama dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan wawasan dan pengetahuan tentang apa yang berlaku.
4# Ertis Stern
Ertis Stern berpendapat bahwa Sejarah itu muncul dari suatu permasalahan yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. oleh Sebab itu, sejarah akan berganti sesuai dengan masanya, harapan, dan pemikiran rasa cemas yang timbul kemudian.
5# Gustafson
Sejarah menurut Gustafson yakni puncak pengetahuan tentang kehidupan manusia dari perbuatan generasi kita mungkin direkam dan dipasang ke dalam dimensi yang jelas.
6# Henri Pirenne Iseorang
Menurut Henri Pirenne Iseorang Sejarah ialah sebuah cerita yang meliputi berbagai macam peristiwa dan aktivitas kehidupan manusia dalam bermasyarakat.
7# Ismauni
Pengertian Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan tentang cerita mengenai kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dan berlangsung dalam segala aspeknya pada masa yang lalu. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun dengan teliti tentang segala aspek kehidupan umat manusia pada masa lalu.
8# Cleveland
Menurut beliau sejarah ialah suatu konsep yang diperlihatkan untuk mendalami tentang kehidupan manusia.
9# J. Bank
Menurut J. Bank Sejarah adalah segala peristiwa atau kejadian pada masa lalu. Sejarah dapat membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang. Semua kejadian yang dimaksud dalam pendapat tersebut ialah kejadian atau peristiwa tentang bagaimana manusia bersikap.
10# J.V. Brice
Sejarah ialah catatan dari apa yang telah dipikirkan, diucapkan, dan dilakukan oleh manusia. Pengertian sejarah berbeda dengan pengertian ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu manusia, sedangkan ilmu sejarah adalah media yang dipakai untuk memahami peristiwa penting tentang manusia.
11# John Tosh
Sejarah menurut John Tosh ialah memori kolektif, sumber pengalaman dengan pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan juga prospek orang-orang tersebut pada kehidupan di masa mendatang.
12# Jan Romein
Menurut Jan Romein Kata “sejarah” dapat dimaknai memiliki arti yang sama dengan kata history (bahasa Inggris) dan geschichte (bahasa Jerman) yaitu kisah tentang peristiwa yang terjadi pada kehidupan dimasa lalu.
13# Robert V Danils
Menurut ilmuan tersebut sejarah merupakan memori pengalaman pada kehidupan manusia
14# Karl Popper
Karl Popper mengungkapkan bahwa Ilmu pengetahuan historis (sejarah) ialah ilmu pengetahuan yang tertarik pada peristiwa mendetil dalam penjelasannya. Sejarah juga dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi di masa lalu sebagaimana peristiwa itu benar-benar terjadi secara aktual.
15# Moh. Hatta
Menurut Moh. Hatta sendiri sejarah bukan hanya melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah bukan hanya kejadian pada masa lalu, tetapi pemahaman masa lalu yang di dalamnya mempunyai berbagai dinamika, mungkin berisi permasalahan pelajaran bagi kehidupan manusia berikutnya.
16# Moh. Yamin
Sejarah yakni suatu ilmu pengetahuan yang dirancang dari hasil penelitian berbagai peristiwa yang dibuktikan secara nyata.
17# Muthahhari
Menurut Muthahhari ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berhubungan, yaitu:
  • Sejarah tradisional, ialah pengetahuan tentang keadaan dan peristiwa kemanusiaan di masa lalu yang ada kaitannya dengan keadaan di masa kini.
  • Sejarah ilmiah, merupakan pengetahuan tentang hukum-hukum yang terlihat menguasai kehidupan masa lalu yang didapat dari pendekatan dan analisa pada kejadian di masa lalu.
  • Filsafat sejarah, disebut juga sebagai pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan tersebut. Bisa juga disebut sebagai ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
18# Ibnu Khaldun
Menurut Ibnu Khaldun sejarah dapat diartikan sebagai catatan mengenai kehidupan masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masayarakat itu sendiri.
19# Nugroho Notosusanto
Sejarah yaitu aktifitas yang berhubungan dengan kehidupan manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lalu. Sejarah dapat juga diartikan sebagai cerita mengenai samua peristiwa itu, cerita itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan yang diperoleh dari berbagai peristiwa itu sendiri.
20# Aristoteles
Menurut beliau sejarah adalah suatu sistem yang meneliti satu kejadian dari awal dan tersusun dalam kronologi. Pada masa itu juga menurut pendapat beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.
21# Shefer
Sejarah ialah peristiwa yang telah lalu dan benar-benar nyata.
22# Sartono Kartodirdjo
Sejarah ialah bentuk gambaran pengalaman kolektif yang terjadi di masa lalu, dan untuk mengartikannya bisa menggunakan proses aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu peristiwa merupakan cara membuat peristiwa tersebut hadir kembali dengan cara pengungkapan secara verbal.
23# Sir Charles Firth
Menurut pemahaman beliau sejarah yakni merekam kehidupan masyarakat manusia, pergantian masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi material yang juga telah membantu atau menjalani perkembangnnya.
24# Taufik Abdullah
Menurut Taufik Abdullah Sejarah harus disebut sebagai tingkah laku manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lalu yang terjadi di tempat tertentu.
25# Wiliam H. Frederick
Menurut Wiliam H. Frederick, Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu “syajaratun” yang berarti “pohon” atau “keturunan” atau “asal-usul”. Dalam Bahasa Indonesia menjadi “sejarah”. Menurut kata syajarah atau sejarah berarti gambaran.


This Is The Oldest Page

Berkomentarlah dengan bijak, bagi yang memberikan link aktif akan langsung hapus. Terima Kasih
EmoticonEmoticon