Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli



Pengertian Kebudayaan – Kata kebudayaan merupakan kata yang berasal dari bahasa Sanskerta yaitu " buddayah " yang merupakan bentuk jamak dari kata " budhi " yang memiliki arti budi atau akal.


Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Pengertian Kebudayaan secara umum merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, susila, hukum kebiasaan serta tiap-tiap kecakapan, serta rutinitas.

Menurut Koentjaraningrat pengertian kebudayaan ialah keseluruhan manusia dari tingkah laku dan hasil yang perlu diperolehnya melalui belajar dan secara keseluruhan tersusun dalam kehidupan setiap orang.

Sedangkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi, pada bukunya Setangkai Bunga Sosiologi (Jakarta : Yayasan Tubuh Penerbit Fakultas Ekonomi Kampus Indonesia, 1964), hal 113, menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan hasil karya, cipta, serta rasa masyarakat.

Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan berupa benda atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang dibutuhkan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya supaya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Sebagian dari para ahli memiliki rumusan yang berbeda mengenai pengertian kebudayaan, antara lain sebagai berikut

a Bronislaw Malinowski

Bronislaw Malinowski menjelaskan bahwa ada empat unsur pokok kebudayaan yang mencakup seperti berikut ini:

System berbagai macam etika yang memungkinkan adanya kerja sama antar anggota masyarakat supaya sesuai dengan alam sekitarnya.

  1. Organisasi ekonomi

Alat serta instansi atau petugas untuk pendidikan (keluarga yaitu instansi pendidikan paling utama).
  • Organisasi politik

  • b. Kliucckhohn

    Kliucckhohn mengatakan ada tujuh unsur kebudayaan, yakni

    1. system mata pencaharian hidup
    2. system peralatan serta tehnologi
    3. system organisasi kemasyarakatan
    4. system pengetahuan
    5. Bahasa
    6. kesenian
    7. system religi serta upacara keagamaan

    c. Herskovits

    Herskovits berpendapat bahwa kebudayaan ialah sebagai hal yang turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya yang kemudian disebut sebagai superorganik.

    d. Andreas Eppink

    Menurut Andreas Eppink Kebudayaan memiliki kandungan bentuk dari segala pengertian nilai sosial, etika sosial, ilmu pengetahuan dan bebrapa susunan sosial, religius, dan semua pernyataan intelektual serta artistik sebagai ciri khas setiap orang.

    e. Edward Burnett Tylor

    Menurut Edward Burnett Tylor Kebudayaan ialah berbagai macam yang sangat kompleks yang ada didalamnya terdapat pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, tradisi adat istiadat, serta beberapa kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota.

    SIFAT KEBUDAYAAN

    • Kebudayaan tercipta dan tersalurkan melalui tingkah laku manusia.
    • Kebudayaan sudah ada terlebih dahulu mendahului lahirnya satu generasi spesifik dan tidak akan mati dengan habisnya umur generasi yang berkaitan.
    • Kebudayaan dibutuhkan oleh manusia dan diwujudkan dengan tingkah lakunya.
    • Kebudayaan meliputi berbagai ketentuan yang berisikan bebrapa keharusan, berbagai tindakan yang di terima dan tidak diterima, berbagai tindakan yang dilarang, serta bebrapa tindakan yang diizinkan.
    • Semua kebudayaan selalu bergerak karena kebudayaan bersifat dinamis dan gerak kebudayaan merupakan gerak manusia itu sendiri. Gerak atau dinamika manusia sesama manusia, atau dari satu daerah kebudayaan daerah lain, baik disengaja ataupun tak disengaja, seperti migrasi atau pengungsian dengan sebab-sebab yang lebih spesifik.
    • Dinamika dalam membawa kebudayaan dari setiap orang yang mengakibatkan terjadinya akulturasi.
    • Proses akulturasi kebudayaan dalam histori umat manusia sudah berlangsung sejak dahulu. Di mana Adakalanya kebudayaan yang dibawa bisa dengan gampang di terima oleh semua orang serta adakalanya tidak diterima, yang lebih parah lagu ada pula sekumpulan orang yang tetap tidak bisa menerima kebudayaan asing meskipun sebagian besar orang dari mereka telah menjadikan kebudayaan itu sisi dari kehiduannya.

    unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah diterima:

    1. Unsur Kebudayaan kebendaan, seperti peralatan yang sangat mudah digunakan serta dirasa begitu berguna untuk orang-orang yang menerimanya, misalnya alat tulis yang banyak dipakai orang Indonesia yang di ambil dari salah satu unsur kebudayaan barat.
    2. Unsur-unsur yang dapat dibuktikan membawa manfaat yang besar misalnya saja radio transistor yang banyak membawa manfaat terlebih sebagai alat media informasi.
    3. Unsur-unsur yang dengan gampang sesuai dengan kondisi orang yang menerima unsur-unsur itu, seperti mesin penggiling padi dengan biaya murah dengan pengetahuan teknis yang simpel, bisa dipakai untuk melengkapi pabrik-pabrik penggilingan.

    Unsur-unsur kebudayaan yang sulit di terima:

    1. Unsur yang menyangkut keyakinan, ideologi, falsafah hidup, dan lain sebagainya
    2. Unsur-unsur yang dipelajari pada skala pertama sistem sosialisasi. Contoh yang begitu gampang ialah masalah makanan pokok setiap orang. Nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat indonesia sulit sekali dirubah dengan makanan pokok yang lain.

    Demikian sekilas pengertian kebudayaan secara umum dan menurut para ahli. semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua.

    Berkomentarlah dengan bijak, bagi yang memberikan link aktif akan langsung hapus. Terima Kasih
    EmoticonEmoticon