Pengertian Globalisasi Serta Faktor dan Dampak Globalisasi


Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari bahasa inggris Globalization yaitu dari kata globe yang artinya bumi atau dunia dan Ization yang berarti proses, yang jika diartikan menjadi sesuatu proses yang mendunia atau proses mendunia.Globalisasi juga dapat diartikan sebagai proses penyebaran unsur, baik berupa pemikiran, gaya hidup, tehnologi, maupun informasi yang mendunia. Sedangkan secara istilah, globalisasi berasal dari kata globalize atau global yang berarti universal atau umum.

PENGERTIAN GLOBALISASI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

THOMAS L. FRIEDMAN
Beliau mengungkapkan bahwa globalisasi memiliki dimensi tehnologi dan dimensi idiologi. Dimensi tehnologi adalah informasi yang telah menyatukan dunia, sedangkan dimensi idiologi merupakan kapitalisme dan pasar bebas.

SELO SOEMARJAN
Selo Soemarjan berpendapat bahwa globalisasi merupakan suatu proses terbentuknya organisasi dan komunikasi antar masyarakat seluruh dunia. Globalisasi sendiri memiliki tujuan mengikuti kaidah-kaidah dan sistem tertentu yang sama.

SCOLTE
Menurut pandangan beliau globalisasi adalah berkebangnya hubungan internasional. Didalam perihal ini memang masing-masing negara mempertahankan identitasnya, namun saat ini menjadi saling bergantung satu sama lain.

ACHMAD SUPERMAN
Globalisasi merupakan suatu proses dengan tujuan menyatukan suatu keadaan atau suatu perilaku sebagai tanda dari setiap individu yang ada didunia tanpa dibatasi dengan wilayah.

EMANUEL RITCHER
Beliau menyatakan bahwa globalisasi adalah jaringan kerja global secara beriringan memadukan masyarakat yang sebelumnya berpencar dan terpencil kedalam persatuan dunia dan saling bergantung.

ANTHONY GIDDENS
Menurut pendapat Anthony Giddens pengertian globalisasi adalah suatu proses intersifikasi pada hubungan masyarakat yang dad diseluruh dunia yang jaraknya ber mil-mil.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GLOBALISASI
Dari perkembangan zaman globalisasi telah bermetamorfase menjadi suatu kenyataan yang ada didalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan tersebut dipengaruhi beberapa faktor, seperti budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

FAKTOR BUDAYA
Faktor budaya dapat mempengaruhi globalisasi karena banyaknya kebudayaan asing yang merambah kedalam lapisan masyarakat, yang mengakibatkan perubahan perilaku, cara berpakaian dan bahasa. Masuknya kebudayaan tersebut dapat melalui musik, film, dan model dari negara asing.

FAKTOR SOSIAL
Pengaruh globalisasi yang dipengaruhi oleh faktor sosial adalah lahirnya suatu kesadaran global sehingga manusia merasa selalu ingin bergantung dan saling membutuhkan.

FAKTOR EKONOMI
Banyaknya berbagai macam produk dalam pasar bebas dari suatu negara yang dijual bebas dingara kita.Tanpa dikenakan pajak yang berakibat semakin banyaknya produk luar yang merajalela.

FAKTOR POLITIK
Pengaruh globalisasi selanjutnya adalah dipengaruhi faktor politik yang dimana semakin pesatnya sistem demokrasi yang terdapat dalam masyarakat sehingga dapat aktiv mengadakan kehidupan bersama sehingga lebih menghargai hak asasi manusia , menghormati sesama individu dari segi hak dan kewajiban.

DAMPAK ADANYA GLOBALISASI
Dampak globalisasi dibadi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan dampak negatif

DAMPAK POSITIF
  • Meningkatkan kualitas berbagai fasilitas yang mendukung kehidupan
  • Munculnya pola hidup yang serba instan dan cepat
  • Semakin mudah dalm berkomunikasi
  • Meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian
  • Perkembangan tehnologi yang semakin pesat

DAMPAK NEGATIF
  • Munculnya sifat individualistis pada manusia
  • Masuknya budaya baru atau budaya asing yang kurang berkenaan pdengan budidaya lama
  • Banyaknya mesin yang sudah mampu menggantikan tenaga manusia

Berkomentarlah dengan bijak, bagi yang memberikan link aktif akan langsung hapus. Terima Kasih
EmoticonEmoticon